logoblog

Cari

Optimalkan Ruang Pengaduan Publik

Optimalkan Ruang Pengaduan Publik

KM Wadupa’a: Australia Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD) mendukung ruang pengaduan publik bagi masyarakat yang dibuka Kampung Media Nusa Tenggara Barat.

Pengaduan Lain-Lain

KM. Wadupa-a
Oleh KM. Wadupa-a
15 Februari, 2014 16:31:38
Pengaduan Lain-Lain
Komentar: 0
Dibaca: 9446 Kali

KM Wadupa’a: Australia Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD) mendukung ruang pengaduan publik bagi masyarakat yang dibuka Kampung Media Nusa Tenggara Barat. Ruang pengaduan yang teridiri dari tiga item yakni pengaduan Pendidikan, Kesehatan, dan Infrastruktur harus dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat dalam menyampaikan unek-unek atau informasi berkaitan dengan tiga bidang itu.

Civil Socety Organisation AIPD Wilayah Kerja NTB, Susan Dewi R mengatakan, pembukaan ruang publik oleh Kampung Media NTB adalah langkah bagus. Apalagi masyarakat bisa langsung membuat account di situs Kampung Media NTB kemudian bisa langsung menulis sendiri apa yang menjadi aspirasi atau informasi yang mereka ketahui tentang pelayanan publik termasuk soal anggaran.

Menurut Susan, informasi atau unek-unek masyarakat yang ditampung dalam ruang pengaduan publik pada situs Kampung Media NTB bisa menjadi rujukan bagi Gubernur atau Bupati dan Wali Kota, dalam menentukan kebijkan atau tindakan atas pengaduan masyarakat. “Itu sangat bagus, dengan adanya ruang pengaduan publik masyarakat bisa aktif. Nah, memang itulah yang kita dorong. Kalau masyarakat sudah aktif termasuk teman-teman dalam CC termasuk Kampung Media. Maka jika pun proyek AIPD berakhir misalnya 2015, maka akan membekas. Ada kelompok yang tetap mengawal,” katanya saat kunjungan rombongan AIPD di Sekretariat Kampung Media Wadupa’a, Jumat (14/2).

APID tetap berkomitmen mendorong masyarakat dan jaringan di dalamnya agar aktif menyampaikan setiap informasi yang berkaitan dengan implemtansi kebijakan anggaran publik. “Kita terus mendorong,  membangun dialog dan komunikasi, masyarakat tidak hanya menjadi macam ompong.  Msyarakat tidak takut lagi tetapi mereka bergerak mengawal,” kata Susan.

 

Baca Juga :


Diisyaratkannya, sekitar Maret 2014 mendatang, APID mengagendakan Jambore bagi Community Center (CC) termasuk di dalamnya Kampung Media mitra AIPD. (FS/UKI) - (01)



 
KM. Wadupa-a

KM. Wadupa-a

Koordinator: FACHRUNNAS Email : kampungmediawadupaa@gmail.com Komunitas Jurnalisme Warga. Menyuguhkan Informasi seputaran Soromandi dan Wilayah Sekitar.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan