logoblog

Cari

Pungli Pada DISDUKCAPIL Kab. Bima

Pungli Pada DISDUKCAPIL Kab. Bima

Ada layanan spesial pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bima. Layanan spesial tersebut yaitu ada uang langsung jadi. Ini terjadi

Pengaduan Lain-Lain

Bambang Bimawan
Oleh Bambang Bimawan
17 Juni, 2014 13:45:25
Pengaduan Lain-Lain
Komentar: 2
Dibaca: 11381 Kali

Ada layanan spesial pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bima. Layanan spesial tersebut yaitu ada uang langsung jadi. Ini terjadi ketika saya mengurus pembuatan Akta Kelahiran untuk anak ke-2 (16/6).

Setelah mengumpulkan persyaratan sesuai yang tertera di kaca loket pendaftaran akta kelahiran, sayapun menyerahkan berkas-berkas tersebut. “karena anak ke-2 belum tercantum di Kartu Keluarga, maka harus didaftarkan dulu”. Ujar petugas loket. “Silahkan daftar di bagian belakang kantor, biayanya Rp.15.000 dan Kartu Keluarga akan selesai sekitar 2 minggu, kalau mau ambil hari ini juga bisa daftarkan lewat saya, biayanya Rp. 50.000”. lanjut petugas loket itu.

Karena mengingat kartu keluarga sangat mendesak untuk digunakan, tanpa pikir panjang sayapun mengiyakan permintaan petugas loket tersebut. kemudian Rp. 50.000 dan ditambah pendaftaran Akta Kelahiran Rp. 10.000 saya serahkan.

Sesaat kemudian sembari menunggu pembuatan Kartu Keluarga, petugas pembuat Akta Kelahiran kemudian memanggil nama saya. “ini pendaftaran tunggu sebulan atau gimana?”, tanya petugas.

Maksudnya? tanya saya.

“Kalau pembuatan Akta Kelahiran lamanya sebulan, kalau mau jadi sekarang juga biayanya Rp. 100.000”, penjelasan petugas itu.

 

Baca Juga :


Kacau juga pelayanan di dinas ini, mungkin karena melihat uang pendaftaran yang besarnya hanya Rp. 10.000 untuk pembuatan Akta Kelahiran maka disarankan alternatifnya. Tanpa berpikir panjang-pun saya membayar tambahan Rp. 100.000 untuk pembuatan Akta Kelahiran.

Membaca berita dibeberapa media lokal, diberitakan jika pada Dinas DIKPORA Kabupaten Bima paling banyak melakukan pungutan-pungutan liar (pungli), ternyata di dinas lain pun ada hal serupa.

Rekan-rekan pers harus lebih jeli untuk mengungkap oknum yang tidak bertanggungjawab yang melakukan tindakan-tindakan yang sangat merugikan masyarakat, jangan hanya menyudutkan pungli yang terjadi pada satu dinas saja.

Foto: Ilustrasi



 

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM. Portal Himpas

    KM. Portal Himpas

    18 Juni, 2014

    Pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Bima harus segera mengambil sikap untuk menangani persoalan ini. Karena imbasnya masyarakat akan sangat diruginakan akibat kelakukan nakal beberapa oknum yang memanfaatkan jabatan untuk melakukan pungli dan meraup keuntungan pribadi dibalik kesengsaraan rakyat. Kami atas nama Himpunan Mahasiswa Monta mengecam keras tindakan ini dan jika diperlukan akan membangun suatu gerakan untuk melawan penindasan terhadap rakyat.


  • KM LENGGE

    KM LENGGE

    18 Juni, 2014

    UNTUk NUKTI NANTI COBA KITA VIDEOKAN, KITA BARENG AJA KE KEPALA DINAS KONFIRMASI DAN KE BUPATI...... ATAU KITA LAPORKAN KE OMBUDSMAN.....


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan