logoblog

Cari

Tutup Iklan

KNTH Sukamulia Mohon Bantuan Modal Stimulan

KNTH Sukamulia Mohon Bantuan Modal Stimulan

KM. Sukamulia – Dilihat dari sisi geografis Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringga Baya merupakan daerah pesisir pantai, dengan demikian

Pengaduan Lain-Lain

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
04 Juni, 2015 10:41:55
Pengaduan Lain-Lain
Komentar: 2
Dibaca: 7064 Kali

KM. Sukamulia – Dilihat dari sisi geografis Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringga Baya merupakan daerah pesisir pantai, dengan demikian masyarakat Dusun Sukamulia memiliki potensi perekonomian lewat usaha perikanan laut atau nelayan. Sekitar 60% masyarakat Dusun Sukamulia adalah nelayan, namun usaha nelayan di kampung kami ini tidak pernah mengalami kemajuan artinya sejak dahulu hingga sekarang masyarakat kami hanya menggunakan pola tradisional untuk menangkap ikan demikian juga dengan peralatan-peralatan yang digunakannya.

Situasi yang demikian berpengaruh terhadap tarap perekonomian masyarakat, artinya usaha pernelayanan hingga saat ini belum bisa meningkatkan tarap hidup masyarakat kami. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penyuluhan dan modal usaha yang bisa membantu masyarakat meningkatkan kegiatan usaha pernelayanan yang dilakukan sebagaimana para nelayan lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Kabupaten Lombok Timur yang umumnya sudah mengalamim kemajuan sebab mereka kerap kali mendapatkan program penyuluhan dan bantuan modal stimulant dari pemerintah.

Perlu juga kami sampaikan bahwa selama ini masyarakat nelayan di kampung kami belum pernah mendapatkan bantuan stimulant dari pemerintah. Padahal jika dilihat dari potensi laut yang kami miliki, usaha perikanan laut (nelayan) sangat besar perananya dalam kehidupan perekonomian masyarakat kami.

Sementara itu usaha secara makro dalam lingkungan modal pengembangan ekonomi produktif ternyata kurang mampu menghasilkan out put yang besar. Hal ini dikarenakan adanya terpaan resesi ekonomi global dan nasional yang sangat menghambat kemajuan sektor riil yang memiliki modal relatif sedikit. Untuk itulah bantuan pemerintah dan lembaga-lembaga pemerhati kesejahteraan masyarakat dalam menyediakan akses modal dan penyuluhan sangat dipandang perlu untuk memberikan motivasi dalam memajukan usaha ekonomi produktif secara menyeluruh teratur dan kontinu.

Oleh karena itu kami dari Kelompok Nelayan Tanjung Harapan (KNTH) yang ada di Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringga Baya Kabupaten Lombok Timur bermaksud untuk melakukan pengembangan usaha ekonomi produktif dalam lingkup unit usaha untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat nelayan yang ada di kampuong kami. Kegiatan ekonomi Kelompok Nelayan ini berpusat di Paantai Pondok Kerakat Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur.

Adapun jenis usaha produktif di desa/kampung kami yaitu pertanian dan nelayan yang merupakan mata pencaharian utama sebagian besar masyarakat di daerah/kampung kami. Sinergi yang tepat antara keadaan geografis dan kultur masyarakat yang sebagian besar adalah petani dan nelayan, tentunya sangat memungkinkan bagi kami untuk mengembangkan usaha perikanan atau pernelayanan sebagai salah satu jalan untuk dapat meningkatkan taraf hidup kami.

Selanjutnya dalam rangka mencapai tujuan dan niat bersama dalam mengatasi persoalan kemiskinan yang terjadi di masyarakat, khususnya pada masyarakat kami di Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringga Baya, maka kami dari Kelompok Nelayan Tanjung Harapan Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringga Baya Kabupaten Lombok Timur, mengajukan sangat membutuhkan bantuan modal stimulant untuk pengembangan usaha pernelayanan di kampung kami demi terciptanya masyarakat yang makmur pada masa yang akan datang.

 

Baca Juga :


Perlu juga kami sampaikan bahwa Kelompok Nelayan Tanjung Harapan Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya didirikan pada tanggal 17 Januari 2012 dan diketua oleh saudara Badri Rohim, S. Pd dan saya sendiri (Asri, S. Pd) selaku sekertarisnya. Kelompok nelayak yang kami bentuk ini terdiri dari 33 orang anggota yang kesemuanya adalah masyarakat RT. 16 Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur dan anggota kelompok ini adalah orang-orang yang benar-benar menggantungkan hidup pada sector nelayan. Sejak tahun 2013, anggota kelompok kami mendapatkan Kartu Nelayan yang dikeluarkan oleh Dinas Kelautan Lombok Timur namun hingga saat ini kelompok kami belum pernah mendapatkan penyuluhan ataupun bantuan modal stimulant dari pemerintah. Sedangkan kelompok-kelompok nelayan di wilayah-wilayah lain kerap kali menerima bantuan stimulant dari pemerintah.

Selama ini kami sudah 3 kali mengirim proposal permohonan Bantuan Modal Stimulan melalui Dinas Kelautan dan Bagian Umum di Kantor Bupati Lotim, hanya saja hingga saat ini permohonan tersebut belum pernah dijawab. Hal ini menjadi alasan utama kami mengajukan permohonan ini kepada pihak Pemerintah Lombok Timur pada khususnya dan Pemerintah Provinsi NTB pada umumnya. Permohonan ini saya ajukan sebagai ungkapan harapan dari anggota kelompok nelayan yang kami kelola dan bagi masyarakat nelayan Desa Pohgading Timur pada umumnya.

Besar harapan kami supaya bapak dapat mempertimbangkan dan menindaklanjuti harapan kami ini. Mohon maaf atas segala kekurangan dan terimakasih atas segala perhatiannya.

An. Kelompok Nelayan Tanjung Gali Dusun Sukamulia: Badri Rohim, S. Pd

_By. Asri The Gila_  [] - 01



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM Masbagik

    KM Masbagik

    04 Juni, 2015

    semoga akan lebih cepat diparhatikan dah,aamiin


    1. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      05 Juni, 2015

      amin ya robbal alaminnn, makasi meton dan salam dari kampung.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan