logoblog

Cari

Tutup Iklan

K2A Bayan Butuh Bantuan Dana Pengadaan Pakaian

K2A Bayan Butuh Bantuan Dana Pengadaan Pakaian

KM. Sukamulia – Masyarakat Bayan merupakan Komunitas Masyarakat Adat yang hidup dengan tatanan adat istiadat serta budaya yang senantiasa dipertahankan hingga

Pengaduan Lain-Lain

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
14 September, 2015 22:31:53
Pengaduan Lain-Lain
Komentar: 0
Dibaca: 6549 Kali

KM. Sukamulia – Masyarakat Bayan merupakan Komunitas Masyarakat Adat yang hidup dengan tatanan adat istiadat serta budaya yang senantiasa dipertahankan hingga saat ini dan bahkan budaya Bayan dijadikan sebagai identitas masyarakat Lombok Utara. Dalam tatanan sosial kehidupannya, Komunitas Masyarakat Adat Bayan terdiri dari berbagai status sosial yang salah satunya adalah Kiyai Adat yang memegang pernan sebagai pelaksana Gawe Adat Gama. Saat ini terdapat 52 orang Kiyai Adat Bayan yang tergabung di dalam Komunitas Kiyai Adat Bayan (K2A Bayan) yang berasal dari seluruh wilayah Kecamatan Bayan.

Perlu diketahui bahwa hingga saat ini Komunitas Masyarakat Adata Bayan senantiasa menjaga dan melestarikan budaya dan tradisi adat istiadat yang mereka warisi dari para pendahulu mereka. Dalam pelaksanaan tradisi adat istiadat tersebut, Kiayai Adat memiliki peranan yang sangat penting dimana Kiayai Adat bertigas untuk memimpin dan menyelesaikan berbagai ritual Gawe  Adat Gama yang dilaksanakan dalam kehidupan sosial Komunitas Masyarakat Adat Bayan.

Ada beberapa ritual Gawe Adat Gama yang memerlukan peranan seluruh Kiyai Adat Bayan, diantaranya adalah pelaksanaan Shalat Tarawih pada bulan Ramadhan, Lebaran Tinggi (Lebaran Adat Idul Fitri), Lebaran Pendek (Lebaran Adat Idul Adha), Maulid Adat, Pesta Alip, Lohoran, Ngaji Makam dan sebagainya. Pada saat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, para Kiayai Adat diharuskan menggunakan Pakaian Kiyai Adat sebagaimana yang telah ditetapkan oleh aturan adat Komunitas Masyarakat Adat Bayan. Pakaian Kiyai Adat terdiri dari Kain Londong Abang, Kain Rejasa sebagai Ikat Pinggang/Senendang, Kemeja Putih dan Sapuk sebagai ikat kepala.

Terkait dengan hal itu, saat ini Komunitas Kiyaia Adat Bayan memiliki pakaian yang sudah terlihat lusuh dan tidak seragam lagi. Hal ini disebabkan karenan Komunitas Kiyai Adat Bayan tidak mampu membeli pakaian secara pribadi dan hingga saat ini Kami (Kiyai Adat Bayan) belum pernah mendapatkan bantuan dana pengadaan Pakaian dari pihak manapun.Oleh sebab itu kami dari Pengurus Komunitas Kiyai Adat Kecamatan Bayan mengajukan Permohonan Bantuan Dana Pengadaan Pakaian Kiyai Adat dengan tujuan supaya Kiyaia Adat memiliki pakaian yang seragam ketika mereka melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka.

Saat ini Komunitas Kiyai Adat Bayan diketuai oleh Ratmanom, Bayanto, S. Pd memegang jabatan sebagai sekertaris dan Irasanom sebagai Bendahara. Menurut keterangan Bayanto, S. Pd, saat ini Komunitas Kiyai Adat Bayan sangat membutuhkan Bantuan Dana Pengadaan Pakaian sebab sejak dua tahun yang lalu, pakaian Komunitas Kiyai Adat Bayan terlihat tidak seragam dan sudah sangat lusuh sebab sebagian besar anggota Komunitas Kiyai Adat Bayan tidak mampu membeli pakaian tersebut secara peribadi. Oleh sebab itu, Komunitas kami sangat memerlukan bantuan, baik dari pihak Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi, Para Pemerhati Budaya dan donatur-donatur yang memiliki rasa kepedulian terhadap keberlangsungan tradisi adat budaya masyarakat Bayan.

Bayanto juga menerangkan bahwa untuk pengadaan Pakaian 52 orang anggota Komunitas Kiyaia Adat Bayan diperlukan dana sejumlah Rp. 27.300.000,- (Dua Puluh Tujuh Juta Tiga Ratus Ribu Rupiah) atau sejumlah Rp. 525.000,-/satu paket Pakaian Kiyai Adat Bayan. Satu paket pakaian Kiyaia Adat Bayan terdiri dari: 1) Kain Londong Abang dengan harga Rp. 300.000,-/lembar, 2) Kemeja Warna Putih dengan harga Rp. 100.000,-/buah, 3) Kain Rejasa (ikat pinggang) dengan harga Rp. 100.000,-/lembar dan 4) Sapuk (ikat kepala) dengan harga Rp. 25.000,-/lembar.

 

Baca Juga :


Demikian artikrl ini kami buat dengan tujuan untuk memohon Bantuan Dana Pengadaan Pakaian Kiyai Adat Kecamatan Bayan dengan harapan semoga Bapak/Ibu/Saudara/Saudari Donatur yang memiliki keperdulian terhadap keberlangsungan budaya lokal masyarakat Bayan dapat memberikan bantuan kepada kami. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat, inayah dan hidayahnya kepada kita sekalian dan semoga kepedulian dan kerjasama serta sumbangsih Bapak/Ibu/Saudara/Saudari Donatur mendapat ganjaran yang setimpal di sisi Allah SWT Tuhan Penguasa Alam Semesta, amin amin ya robbal alamin.

Bagi Bapak/Ibu/Saudara/Saudari Donatur yang berkenan memberikan bantuan kepada kami, maka Bapak/Ibu/Saudara/Saudari Donatur dapat menghubungi kami melalui nomor ini (087 865 771 973/Bayanto, S. Pd). Mohon maaf atas segala kekurangan, terimakasih atas segala perhatian dan Salam dari Kampung. TTD Ketua dan Sekertaris Komunitas Kiyaia Adat Bayan (Ratmanom dan Bayanto, S. Pd).

_By. Asri The Gila_ [] - 05



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan