logoblog

Cari

Masjid Kuno Batu Santek Perlu Pemugaran

Masjid Kuno Batu Santek Perlu Pemugaran

KM. Sukamulia – Sebagaimana telah kami sampaikan pada artikel sebelumnya “Serpihan Sejarah Islam di Batu Santek”, Masjid Kuno Batu Santek Desa

Pengaduan Lain-Lain

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
30 September, 2016 01:08:57
Pengaduan Lain-Lain
Komentar: 0
Dibaca: 19961 Kali

KM. Sukamulia – Sebagaimana telah kami sampaikan pada artikel sebelumnya “Serpihan Sejarah Islam di Batu Santek”, Masjid Kuno Batu Santek Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara Provinsi NTB merupakan salah satu peninggalan islam pulau Lombok yang saat ini hanya tinggal pondasinya saja. Peninggalan Arkeologi yang satu ini memiliki nilai yang tinggi dalam dunia kesejarahan dan wisata religi pulau Lombok sebab Pondasi Masjid Kuno tersebut memiliki potensi untuk dijadikan sebagai salah satu objek wisata religi pulau Lombok. Dengan demikian, Pondasi Masjid Kuno Batu Santek tersebut membutuhkan pemugaran agar supaya kedepannya situs arekologi ini bisa ditemukan sebagai bukti sejarah islam di pulau Lombok oleh anak cucu kita.

Melihat serpihan Pondasi Masjid Kuno Batu Santek, saya teringat akan pesan yang disampaikan oleh Tim Arekeologi Nasional di dalam acara Sosialisasi Arkeologi di Rumah Peradaban Lendang Nangka. Saat itu mereka berpesan, “peninggalan arkiologi adalah kekayaan sejarah dan budaya yang harus dijaga dan lestarikan, hal tersebut adalah tugas negara, pemerintah dan masyarakat. Dan jika ada diantara kita menemukan situs-situs arkelologi yang sekiranya membutuhkan pemugaran dan pelestarian maka tolong dipublikasikan dan bila perlu laporkan kepada pihak yang berwenang atas hal itu agar supaya peninggalan tersebut dapat diteliti dan kemudian dipugar serta dilestarikan sebagai khazanah kekayaan arkeologi bangsa ini”.

Atas dasar itulah kami menulis pengaduan ini dengan harapan pihak pemerintah dan atau pihak-pihak terkait dapat melakukan kunjungan (survey) dan kemudian memberikan kebijakan agar supaya Pondasi Masjid Kuno Batu Santek tersebut dapat diberikan program Pemugaran dan Pelestarian kemudian diberikan perlindungan dengan Undang-Undang Cagar Budaya sebagaimana yang telah diberikan kepada situs-situs sejarah budaya lainnya.

Hal tersebut sangat diharapkan oleh masyarakat setempat sebab Pondasi Masjid Kuno Batu Santek ini juga sering dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari beberapa daerah Indonesia. Jika peninggalan arkeologi yang satu ini dipugar maka pemerintah daerah memiliki potensi untuk mengembangkannya sebagai objek wisata religi, lebih-lebih peninggalan arkeologi ini berada di sekitar jalur pendakian Rinjani yang berada di Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan. Dengan demikian objek ini memiliki potensi yang tinggi untuk dijadikan sebagai salah satu objek wisata religi di lingkup Kecamatan Bayan.

 

Baca Juga :


Ahirnya kami sangat berharap agar pengaduan yang kami tuliskan ini mendapatkan perhatian dari Badan Arkeologi Nasional, Pihak Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara dan pihak-pihak terkait. Semoga pula pihak-pihak terkait memiliki waktu untuk melakukan survey dan penelitian terhadap peninggalan arkeologi dimaksud dan ahirnya mencanangkan program pemugaran terhadapnya. Terimakasih atas segala perhatiannya, mohon maaf atas segala kekurangan dan salam dari kampung.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan