logoblog

Cari

Tutup Iklan

Antara Mulsa dan Ilalang Untuk Tanaman Bawang Putih

Antara Mulsa dan Ilalang Untuk Tanaman Bawang Putih

KM. Sajang Bawak Nao _ Bawang Putih kini menjadi prioritas utama di Kecamatan sembalun hampir 80% masyarakat yang menjadi petani dikecamatan

Pengaduan Lain-Lain

KM. Sajang Bawak Nao
Oleh KM. Sajang Bawak Nao
11 Maret, 2018 17:00:14
Pengaduan Lain-Lain
Komentar: 0
Dibaca: 24922 Kali

KM. Sajang Bawak Nao _ Bawang Putih kini menjadi prioritas utama di Kecamatan sembalun hampir 80% masyarakat yang menjadi petani dikecamatan sembalun menanam bawang putih yang sudah di berikan pemerintah kepada masyarakat.

Bawang putih yang diberikan dilengkapi dengan obat-obatan dan mulsa untuk penanaman, banyak yang menanam bawang putih menggunakan mulsa dan banyak juga yang tidak menggunakan mulsa yang diberikan oleh pemerintah, karena menurut petani bawang putih yang menggunakan mulsa dinilai tidak epektip dan tidak cocok dalam masa pertumbuhannya.

Nah hal tersebut terbukti, banyak sekali petani yang menanam menggunakan mulsa bawang putih mereka banyak yang tidak tumbuh subur dan maksimal karena tidak tahan dengan cuaca, panas yang ditampung oleh plastik mulsa tak mampu ditahan oleh tanaman sehingga mengakibatkan daun bawang mengering karena mengalami pembakaran plastik mulsa.

Beda dengan yang menanam menggunakan ilalang sebagai lapis, pertumbuhan bawang sangat luar biasa tumbuh subur, karena ilalang mampu menahan panas dan pupuk yang di tabur ke tanaman dapat masuk dengan sempurna tanpa penghalang dari pelastik dan juga ilalang tersebut bisa langsung menjadi pupuk organik bagi tanaman tersebut.

Hal ini sudah terbukti di beberapa petani yang sudah saya kunjungi, semoga hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah untuk lebih epektif lagi dalam menyalurkan bantuan kepada petani supaya petani dan negara tidak rugi.

Jika panen gagal maka kerugian pada dua belah pihak akan terjadi;

 

Baca Juga :


  1. Kerugian pihak pemerintah

Dana yang disalurkan akan sia-sia dan tidak memiliki hasil sesuai dengan yang diharapkan, pemerintah tidak bisa melihat hasil yang memuaskan dan dana akan hilang total

  1. Kerugian bagi petani

Petani yang menerima bantuan akan rugi dari segi biaya penanaman dan tenaga sekaligus waktu yang dikeluarkan untuk menanam dan merawat bawang putih yang ditanam sehingga tidak mendapatklkan hasil.

Kendalanya

Karena tim penyuluh pertanian kurang konsultasi ;langsung kepada para petani setempat bagaimana sistim penanaman yang bagus kepada petani sehingga hasil kurang maksimal. ()



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan