Pengembangan Wisata Terhambat Sumber Air

Warga Ai Bari Kec. Moyo Utara yang saat ini mengembangkan Wisata diving mengeluh karena kekurangan sumber air bersih. Satu satunya sumber air bersih yang mereka miliki yaitu air bersih hasil penyulingan mesin Powtons Water SWRO Syistem yang bisa merubah air payau menjadi air yang layak digunakan warga untuk kebutuhan sehari hari.

Mesin penyulingan tersebut saat ini dalam kondisi rusak berat. Menurut Kepala Dusun Ai Bari, Shofian mengaku bahwa mesin penyulingan ini sudah beberapa kali rusak namun kerusakan kali ini sangat parah. Kerusakan mesin tersebut sudah dilaporkan ke Dinas Kelautan dan Perikanan sebagai dinas yang memberi bantuan. Namun sampai saat ini, dinas terkait belum merespon apa apa.

Menurut pengelola mesin Subhan, uang dari hasil penjualan air tersebut tidak bisa menutupi biaya kerusakan yang terjadi. Sementara air kemasan dari luar yang masuk ke Ai Bari mencapai Rp. 8000 per galon. Dan dengan harga yang sebesar itu, sangat jauh dari jangkauan warga yang mayoritasnya sebagai Nelayan.

Warga yang saat ini mengembangkan wisata diving di Ai Bari juga merasa hawatir, karena ketersediaan air bersih nantinya akan mempengaruhi jumlah wisatawan yang berkunjung. Dari segala aspek, pemerintah sekiranya dapat memperhatikan hal hal yang dapat merugikan kemajuan pariwisata di Kab. Sumbawa khususnya di Dusun Ai Bari saat ini. () -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru