Nyongkolan Bikin Macet


Sembalun Online
- Nyongkolan adalah sebuah kegiatan adat yang berlaku bagi sebagian masyarakat  suku sasak Lombok Nusa Tenggara Barat. Kegiatan Nyongkolan ini berupa arak-arakan kedua mempelai dari rumah mempelai laki-laki ke rumah mempelai prempuan, dengan diiringi keluarga dan kerabat mempelai laki-laki, memakai baju adat, serta rombongan musik yang bisa gamelan atau juga bisa sebuah kelompok music kalaborasi antara modern dan tradisional yang sering disebut dengan nama Kecimol Ale-ale.

Dalam pelaksanaannya, sering kita jumpai dijalan-jalan raya ketika ada Nyongkolan pasti membuat jalan macet dan semberaut hal ini disebabkan karena banyak faktor, seperti semakin banyaknya orang yang ikut nyokolan yang membuat sebagian badan jalan digunakan untuk berjalan. Selain itu juga diperparah dengan sulitnya pengaturan peserta nyongkolan dan dibarengi dengan tidak adanya petugas kepolisian yang ikut mengatur jalan sehingga  jalan pun macet dan seberaut.

Disisi lain Nyongkolan adalah budaya yang harus dilestariakan oleh generasi penerus namun Nyongkolan harus memiliki peraturan pemerintah yang jelas agar bisa mengatasi persoalan tersebut. Disamping juga masyarakat yang mengadakan adat Nyongkolan harus mampu mengatur peserta nyongkolan agar tidak membanggu kenyamanan para pengguna jalan itu sendiri.

Jika mengelitik sejenak adat Nyongkolan  pada zaman sekarang ini sangat berbeda salah satunya dalam  musik pengirim yang digunakan. Dulu musik pengirim yang digunakan adalah murni tradisional yaitu gendang belek atau gamelan tetapi di zaman sekarang sudah terdapat perubahan menuju penggabungan antara tradisional dengan modern atau sering disebut Kecimol ale-ale.

Oleh sebab itu sudah waktuya pemerintah harus membuat Perda Khusus untuk mengatasi persoalan Nyongkolan  yang sering membuat macet jalan raya. Terkadang sering kita jumpai juga adanya tauran pada saat Nyongkolan dimana hal-hal seperti itulah yang dapat mencoreng makna dari adat Nyongkolan itu sendiri. (Aliin Laki)     -01

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru