Dompu Tidak Targetkan Jumlah Kunjungan

KM, Ncuhi Saneo Woja - Potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Dompu cukup luar biasa besarnya, baik wisata alam, laut, bahari, cagar budaya ataupun peninggalan sejarah. Mirisnya, dengan memiliki banyak wisata justru diabaikan oleh Pemerintah. Bagaimana tidak, hingga masuk awal tahun 2017 ini, Kabupaten Dompu tidak menargetkan jumlah pengunjung asing maupun domestik.

Hal ini diketahui, ketika awak media mengkonfirmasi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu Selasa (07/02) lalu. Diketahui, sejak beberapa tahun terkahir Kabupaten Dompu tidak memiliki data real tentang jumlah pengunjung yang datang berwisata di Kabupaten Dompu.

"Jumlah Pengunjung tidak didata dengan jelas," ujar Sekretaris Disbudpar Dompu, Syamsul Huriah, S.Sos pada wartawan sembari memanggil para stafnya untuk memperlihatkan data pengunjung.

Atas hal ini, Kabupaten Dompu dicap tidak mengembangkan wisata dan hanya mengikuti target kunjungan wisata oleh Pemerintah Provinsi NTB. "Berarti Dompu tidak mengembangkan wisata, promosinya kurang sehingga tidak begitu banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang," lempar salah seorang wartawan menyinggung.

Pada kesempatan itu, Syamsul Huriah mengaku hanya mendapatkan data pengunjung dari Kepolisian. Huriah tidak menampik, data dari Kepolisian diperoleh dari data laporan hotel yang hanya terdapat orang asing yang menginap.

Dikatakannya, pada tahun ini, pihaknya akan mulai melakukan pendataan pada setiap spot wisata yang ada di Kabupaten Dompu, baik pengunjung domestik maupun mancanegara. Ham ya saja, tidak disebutkannya berapa target pengujung wisata Dompu untuk tahun 2017.

"Data kunjungan harus ada Tim yang mendata," ujarnya. (faruk). -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru