Kartu BPJS dan KIP Milik Warga Miskin Ditemukan Berserakan

KIMBOLO.INFO—Sedikitnya 100 lembar kartu BPJS dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) milik warga miskin, ditemukan berserakkan di pinggir sungai, RT04 Desa Tambe Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat, Rabu (9/8/2017) kemarin.

            Kartu BPJS dan KIP yang diperuntukan warga miskin Desa Tambe tersebut, mestinya sudah dibagi kepada pemiliknya. Namun ironis, kartu itu justru ditemukan dalam kondisi berserakkan dan hampir terbawa air sungai.

            Beruntung salah saorang warga yang langsung mengumpulkan kartu dalam kondisi berserakkan itu, kemudian diserahkan kepada ketua RT setempat.

Pantauan langsung KIMBOLO.INFO di lapangan, pasca ditemukannya kartu jaminan warga miskin itu, suasana di kampung terlihat memanas. Berbagai tundingan, juga muncul. Pihak kepolisian pun, akhirnya tiba di TKP untuk mengambil keterangan beberapa warga. Sehingga terungkap, nama kepala Dusun II diduga sengaja membuang kartu BPJS dan KIP tersebut.

Menurut hasil Intelkam dan Bhabinkamtibmas, Kepala Dusun II Desa Tambe Julkarnain A Wahab menanggapi, bahwa kartu dimaksud merupakan kartu ganda (nama yang sama). Dan, kemungkinan kartu tersebut dibuang oleh istrinya, yang mana tersimpan diatas meja kerjanya.

Julkarnain juga mengaku, tidak ada unsur kesengajaan dirinya maupun istrinya membuang kartu tersebut. Sehingga ia pun siap untuk dimintai keterangan apabila ada komplain dari warganya.

            Masih dari sumber Intelkam dan Bhabinkamtibmas—menurut keterangan Sekertaris Desa Tambe Haerul Fitriadi S.Pd—dari informasi warga yang beredar di RT02 dan RT04, bahwa Kadus II dinilai tidak ikhlas membantu warganya dan mengharapkan imbalan. Sehingga dia (Kadus II) membuang apa yang menjadi hak milik warga miskin tersebut. Selain itu, banyak warga yang mengeluh terkait kinerja saudara Julkarnain (Kadus II) yang dinilai tebang pilih terhadap warganya.

Sementara informasi terakhir yang diperoleh di lapangan, warga akan mendatangi Kantor Desa setempat guna meminta kejelasan Kadus II Julkarnain A Wahab dan Kepala Desa Tambe Nurdin Azrun, terkait kartu BPJS dan KIP miskin yang dibuang dan ditemukan warga di pinggir sungai sekira pukul 16.30 WITA.(adi) -05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru