Sampai Bulan Juni Info Grafis APBDes Terara Belum Di Publikasikan

Desa Terara Merupakan Desa yang berada di Pusat Kota Kecamatan di Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur dan tergolong Desa Maju jika dilihat dari indek Desa Membangun ( IDM ). Tapi apakah Dana Desa Hanya di pakai untuk membangun infrastruktur Desa tanpa di imbangi dengan Pengalokasian untuk pemeberdayaan Masyarakat Desa ? Bukankah Peraturan menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 Tentang prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 Pasal 4 ayat 1 berbunyi penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Disisi lain seharusnya sebagai Desa Maju seharusnya Kepala Desa dalam menjalankan tugas dan kewajibannya seperti yang tertera dalam Undang- undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Pasal 26 ayat 4. P. Memberikan informasi kepada masyarakat Desa dan pasal 27. d memberikan dan/atau menyebarkan informasi penyelenggaraan pemerintahan secara tertulis kepada masyarakat Desa setiap tahun anggaran. Di tambah dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik sehingga masyarakat Desa terpenuhi haknya untuk mendapatkan informasi dari Pemerintah Desa serta mengawasi kegiatan Peyelenggaraan Pemerintah Desa, Pelaksanaan Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa, dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Sampai saat ini Desa Terara yang tergolong sebagai Desa Maju di Lombok Timur belum memasang Banner ( Info Grafis ) APBDes padahal Desa-desa yang tidak tergolong sebagai Desa maju sudah memasang Info Grafis APBDes seperti Desa tetangga Desa Sukadana. Menurut salah satu anggota Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Desa Terara Muhammad Riadi saat di konfirmasi mengatakan sudah sering mengingatkan tapi tidak di indahhkan oleh Pemerintah Desa.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru